Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong


Memori internal penuh padahal masih kosong, saya kira tidak sepenuhnya kosong, karena hp atau android dari pabrik sudah terinstall system, aplikasi dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut kalian pakai untuk keperluan sehari – hari dan akan menghasilkan cache. Inilah yang jadi pertanyaan Kenapa memori penuh padahal isinya sedikit?

Lalu apa itu cache? Cache adalah merupakan file sampah, file yang dihasilkan dari aplikasi, misalnya kalian itu suka menonton YouTube, makanya setiap kita selesai menonton dan dari proses pencarian akan ada file sampah. File tersebut disimpan oleh YouTube makanya akan menjadi penyimpanan HP kita berkurang.

Ada pula data cache, apa itu data cache? Data cache adalah data yang disimpan dan rekam dari sebuah aplikasi dalam waktu sementara. Saya contohkan, apabila kalian mencari sebuah kata kunci dalam YouTube pasti sudah kata kunci yang pernah kalian cari sebelumnya.

Memori internal penuh padahal masih kosong, ada beberapa factor, mulai dari file sampah, apk hasil download di luar Play Store, thumbnail, dan lainnya sebagainya. Hal tersebut akan membuat penyimpanan internal kalian cepat penuh, di tambah kalian tidak menggunakan kartu SD.
Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

Bagaimana cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori internal penuh padahal aplikasi sedikit ataupun file yang membuat hp atau android menjadi menurun kinerjanya.
Cara Mengatasi Memori Penuh semua Android
Bisa kalian coba satu persatu cara di bawah ini.

1. Hapus Cache di Aplikasi

Dari penggunaan aplikasi setiap harinya akan menghasilkan sebuah cache, sebelum menumpuk maka lakukanlah pengahapusan atau clear cache, dan lakukan secara berkala.

Cara Membersihkan Cache di Android


  1. Buka pengaturan hp kalian.
  2. Scroll ke bawah dan cari manager aplikasi atau kelola aplikasi, pada setiap jenis hp ada yang berbeda namanya.
  3. Saya cotohkan chrome, klik aplikasi chrome lalu pilih penyimpanan.
  4. Pilih hapus memori atau klik hapus data pilih hapus cache.

Karena jenis hp berbeda – beda, cara di atas kalian sesuaikan saja.

2. Menghapus Data Cache Apliksi

Beberapa pertanyaan yang sering muncul, apa yang terjadi jika kita menghapus data cache? apakah aman menghapus data cache?

Yang akan terjadi jika anda menghapus data cache adalah semua data yang ada di dalam aplikasi akan secata otomatis kembali ke setelan pabrik. Semisal anda main facebook menggunakan chrome, maka email dan paswordnya akan ter log out. Begitu juga untuk aplikasi lain.

Aman atau tidaknya menurut saya aman, selagi tidak ada yang penting dan dan semua data di dalam aplikasi tersebut kalian ingat atau sudah di backup. Sebelum hapus data, saran saya kalian ingat email dan password kalian. Karena kebanyakan aplikasi menggunakan email dan password, terkecuali Whatsapp.

Cara Menghapus Data Cache

Caranya mirip dengan cara menghapus cache.

  1. Buka pengaturan.
  2. Cari kelola aplikasi atau manager aplikasi.
  3. Pilih aplikasi, langsung saja pilih hapus data.
  4. Hapus data akan secara otomatis menghapus cache.


3. Memindahkan Aplikasi ke Sd Card

Kalau kalian yang ingin memori internalnya itu lebih banyak, kalian bisa memindahkan aplikasi ke sd card. Namun ada beberapa HP tidak diizinkan atau tidak bisa memindahkan aplikasi ke SD Card.

Cara memindahkan aplikasi ke SD Card.

1. Buka pengaturan.
2. Pilih kelola aplikasi dan cari aplikasi yang akan di pindahkan.
3. Cari menu penyimpanan digunakan dan pilih ubah > kartu SD

4. Menonaktifkan Aplikasi

Selanjutnya kalian bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak akan digunakan. Menonaktifkan aplikasi supaya penyimpanan HP kita mendapatkan penyimpanan lebih kemudian. Memang aplikasi bawaan hp yang jarang kita gunakan akan memakan memori internal dan RAM hp kita. Untuk aplikasi bawaan hp yang tidak bisa di nonaktifkan bisa lihat caranya DISINI.

5. Hapus Aplikasi

Hapus aplikasi yang berukuran besar dan tidak terlalu penting, aplikasi yang berukuran besar akan memperparah penyimpanan internal kita dan performa atau kinerja hp kita menjadi lemot. Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan hp?
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP
Menghapus aplikasi saya sarankan dengan cara yang benar, agar cache dan data cache tidak tetap tersimpan di penyimpanan hp. Apabila kalian menghapus aplikasi langsung dari layar home, maka cache dari aplikasi tetap tersimpan.

Cara Mengahapus Aplikasi Sampai Bersih

1. Buka pengaturan
2. Klik manager apliksi > pilih aplikasi
3. Hapus data terlebih dahulu baru lakukan uninstall

NOTE:
Setelah kalian melakukan cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong, kalian bisa matikan hp atau refresh hp kalian.

Apabila cara di atas masih belum juga ngaruh ke hp kalian, baca cara mengatasi memori internal penuh disana di bahas lebih rinci.

Penutup.
Semoga permasalahan pada hp kalian dapat teratasi, bagi yang masih bingung cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong bisa di tanyakan, siapa tau bisa membantu dan menjawab. Disini kita belajar bareng bukan mengajari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment for "Solusi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong"