Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Pencarian di Play Store


Cara menghapus pencarian di play store memang harus sering dilakukan, menghapus history pencarian di google play store akan sedikit mempercepat pada saat kalian membuka aplikasi play store.

Mengapa cara menghapus riwayat, history atau pencarian di play store perlu diketahui. Karena ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapat apabila mengerti cara menghapus penelusuran di play store.

Manfaatnya seperti mengurangi delay disaat membuka aplikasi play store, mengurangi penyimpanan internal hp android khususnya penyimpanan data google play store.

Selain itu, apabila kalian seorang yang tertutup maka kalian dapat merahasiakan hasil penulusuran apa yang sudah kalian browsing di play store, dengan cara menghapus riwayat pencarian di play store.

Apa itu history pencarian atau riwayat di google play store?

History atau riwayat pencarian adalah suatu rekam jejak atau tindakan yang kalian tulis di klolom pencarian dan tersimpan di dalam sebuah aplikasi atau juka mirip dengan cache.

Namun juka kalian risih dengan riwayat penelusuran maka artikel cara menghapus history pencarian di playstore mungkin bisa sedikit membantu menghapus pencarian di play store.

Berikut metode dan langkah – langkah yang bisa kalian pilih untuk menhapus history pencarian.

Cara Menghapus Pencarian di Play Store.

Cara menghapus riwayat pencarian di play store lebih mudah kita gunakan fitur dari aplikasi google play store. Karena google memberikan kebebasan untuk menghapus hasil pencarian di play store.

Apabila google play kalian sudah versi terbarunya maka akan sangat berbeda tampilannya dari versi sebelumnya. Berikut cara menghapus pencarian di play store untuk versi terbarunya:
  1. Buka terlebih dahulu aplikasi google play store.
  2. Klik icon atau gambar profil gmail kalian, tepat berada di pojok kanan atas.
  3. Ada beberapa menu, pilih setelan.
  4. Pada menu setelan klik umum.
  5. Scroll dan klik hapus histori penelusuran lokal.
  6. Cek dan pastikan history atau riwayat pencarian sudah terhapus.

Cara Menghapus History Pencarian di Playstore Versi Lama.

Terkadang ada beberapa user belum melakukan update google play store, maka sudah dipastikan tampilannya akan berbeda dan ada sedikit perbedaan untuk cara menghapus historu pencarian di play store. Simak cara berikut ini:
  1. Pertama buka aplikasi google play store.
  2. Klik garis tiga di pojok kiri atas.
  3. Pilih menu setelan.
  4. Di setelan kategori umum klik hapus histori penelusuran lokal.

Cara Menghapus Semua Koleksi di Google Play Store

Selain cara menghapus pencarian di play store, kalian memang harus sering menghapus semua koleksi di google play store. Koleksi di play store juga termasuk dalam history.

Namun history disini adalah semua aplikasi yang sudah pernah kalian install kemudian kalian uninstall, dan riwayat dari aplikasi tersebut akan tersimpan di play store.

Mengapa setelah kalian uninstall sebuah aplikasi harus di hapus juga koleksi di google play store, karena daftar aplikasi akan menumpuk sangat banyak dan tidak bisa dihilangkan dengan cara menghapus koleksi di google play store sekaligus.

Simak cara menghapus semua koleksi di google play store di bawah ini:
  1. Buka aplikasi google play store.
  2. Kemudian klik garis tiga di pojok kiri atas.
  3. Atau klik gambar profil gmail di pojok kanan atas.
  4. Lalu pilih aplikasi & game saya.
  5. Lalu pilih opsi koleksi.
  6. Klik tanda x untuk menghapus koleksi, kemudian klik ok.

NOTE:
Ingat, google play store belum memberikan fitur untuk menghapus koleksi di playstore secara bersamaan atau sekaligus.

Untuk menghapus pencarian di google play store baru google memberikan fitur untuk menghapus history pencarian di play store secara menyeluruh atau sekaligus.

Cara Menghapus History Pembayaran di Google Play

Setelah paham cara menghapus daftar pencarian di play store terkadang ada juga yang bertanya cara menghapus history pembayaran di google play. Akan saya bahas sedikit history pembayaran google play dan solusi menghapus history pembayaran di google play.

Setelah kalian buka history pembelian di google play maka tidak ada opsi untuk menghapus, jadi perlu kita ketahui bahwa pihak google play store tidak menyediakan menu yang memungkinkan bagi pengguna untuk menghapus history pembelian.

Namun jika kalian ingin tetap menghapus history pembelian atau history pembayaran di google play store tersebut, alternatifnya adalah kalian harus mengganti akun google play store dengan akun yang belum pernah sama sekali membeli aplikasi di play store.

Cara Menghilangkan Rekomendasi di Play Store

Cara menghilangkan rekomendasi di play store saat ini saya rasa belum bisa, karena rekomendasi aplikasi di play store merupakan media pengiklan dari developer atau pembuat aplikasi untuk memasarkan aplikasi tersebut.

Karena itulah cara mereka memasarkan produknya khususnya aplikasi, berbeda dengan cara menghapus bekas pencarian di play store karena itu adalah aktivitas pribadi kita dalam menggunakan produk google.

Penutup

Memang ada beberapa metode untuk cara menghapus pencarian di play store, disini saya menggunakan cara yang simpel saja dan mudah dilakukan. Dan tentunya cara menghapus history pencarian di google play store kali ini mudah dilakukan oleh siapapun.

Memang cara menghapus riwat pencarian di play store hampir mirip cara menghapus history pencarian atau riwayat di google chrome dan youtube hanya ada beberapa tambahan metode yang harus diterapkan. Sekian semoga tutorial kali ada manfaat dan menambah wawasan kalian.

Post a Comment for "Cara Menghapus Pencarian di Play Store"