Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Samsung J2 Jrime Memori Internal Cepat Penuh

Samsung J2 Jrime Memori Internal Cepat Penuh

Kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi samsung j2 prime memori internal cepat penuh. Jadi di sini bagi para pengguna HP Samsung Galaxy J2 Prime, 80% itu pernah mengalami penyimpangan internal cept penuh. Pengguna Samsung J2 Prime saya rasa masih banyak, dan rata – rata masalah pada hp samsung j2 prime hmpir sama, yaitu di penyimpanan.

Pertanyaan :
Kenapa memori internal samsung j2 Prime cepat penuh?
Kenapa memori samsung cepat penuh?

Jawabannya :
Kita lihat dari segi hardwarenya Samsung J2 Prime.

  1. Samsung J2 Prime di bekali dengan chipset Mediatek MT6737T Quad-core berkecepatan 1,4 GHz.
  2. Dengan RAM hp samsung j2 prime sebesar 1,5 GB dan dengan kapasitas memori internal 8 GB.
  3. Dengan kapasitas memori eksternal berkapasitas MicroSD 256GB.

Dengan RAM 1,5 GB dan dengan kapasitas memori internal 8 GB, hp Samsung J2 Prime memang tidak di khususkan untuk menginstall aplikasi berat. Untuk aplikasi harian saja seperti Whatsapp, Google Chrome, Youtube dan yang lainya, saya rasa juga sudah memakan memori internal lumayan. Apabila kalian ingin menginstal game, maka carilah game yang cocok untuk samsung j2 prime.

HP samsung j2 prime tidak bisa buka galeri merupakan salah satu efek dari memori yang penuh. Tidak bisa update status foto di Whatsapp. Hp akan mengalami penurunan performa, tentu saja hal ini akan sangat menjengkelkan.

Untuk penggunaan sehari – hari, aplikasi akan memakan memori internal, terutaman file cache atau file sampah yang tak ada fungsinya. Lalu ada pertanyaan lagi ‘’ Bagaimana cara menghapus cache di hp samsung j2 Prime? ’’. Ok kita bahas sekalian dengan cara memperlega memori internal, dengan cara yang cukup mudah banget, kalian tinggal ikuti cara mengatasi memori penuh pada samsung j2 prime di bawah ini:

Cara mengatsi samsung j2 prime memori internal cepat penuh.


1. Menghapus Sampah di HP Samsung J2 Prime.

Meghapus cache akan mengoptimalkan kinerja hp kalian, dan di Samsung tidak memerlukan aplikasi tambahan seperti apk pembersih sampah. Dengan menghapus cache HP Android anda, maka memori yang terpakai oleh cache menjadi memori bebas. Sehingga performa hp akan lebih meningat.

Bagi pengguna android pastinya sudah tidak heran lagi dengan masalah memori penyimpanan penuh. Salah satu penyebab dari memori internal penuh adalah cache atau file sampah, dan akan kita bahas di Samsung J2 Prime. cara menghapus file sampah di ram.

Cara menghapus sampah di hp samsung j2 prime

  1. Pergi ke pengaturan di HP Galaxy J2 Prime kalian.
  2. Cari menu ‘Pemeliharaan perangkat’ (baterai, RAM, keamanan perangkat).
  3. Setelah ketemu tingal klik saja, dan langsung pilih ‘optimalkan sekarang’. Proses ini adalah bagaimana cara menghapus file sampah di ram hp Samsung kita, dan akan mengoptimalkan kinerja hp.
  4. Kalin tinggal liat bedaya Setelah proses pengoptimalan selesai, akan terlihat bedanya penyimpanan sedikt longgar.
Tetapi dengan cara ini saja tidak telalu efektif apabila tidak dipadukan dengan cara yang lain, terumata cara membersihkan sampah di hp samsung j2 prime.

2. Hapus Aplikasi.

Hapus aplikasi yang jarang di pakai atau bahkan sama sekali tidak di pakai, itu wajib di hapus aplikasi tersebut atau uninstall. Manfaatnya tentu saja memori internal kalian akan lebih longgar dan bisa di manfaatkan untuk yang lebih bermanfaat. Bang kan aplikasi bawaan hp tidak bisa hapus?. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP memang ada trik tersendiri yang bisa kalian coba.

Untuk cara kedua ini banyak kesalahan dari kita semua, dalam menghapus aplikasi. Nah jadi kesalahan dalam menghapus aplikasi, kalian langsung drug saja aplikasi tersebut dan tarik ke atas lalu lepas di menu sampah.

Jadi cara yang benar harus mengikuti S.O.P cara menghapus aplikasi yang di tetapkan (haha gaya lu bang pake S.O.P segala). Fungsinya disini untuk menghindari file sampah atau cache itu menempel di dalam hp. Dan memang kebanyakan orang orang lupa melakukan cara ini, maunya yang cepat aja.

Cara Menghapus Aplikasi Android Sampai Bersih.

  1. Pergi ke menu pengaturan.
  2. Scroll kebawah dan cari menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang akan di hapus.
  4. Klik menu Penyimpanan di dalam aplikasi tersebut.
  5. Klik Hapus Data, secara otomatis akan menghapus cache aplikasi tersebut.
  6. Setelah selesai, kalian kembali ke aplikasinya.
  7. Klik tombol Hapus Instalan.

Coba kalian lakukan percobaan dan bandingkan, aplikasi yang di hapus secara langsung dengan cara menghapus aplikasi android sampai bersih yang saya bagikan. Dengan begitu kalian akan bisa menilai mana yang lebih baik.
Semisal  kalian Langsung hapus saja aplikasi tersebut, sampahnya akan masih menempel di HP kalian, makanya penyimpanan HP kalian itu masih segitu-gitu aja, paling naik 100 MB saja. Itulah penyebabnya kalian lupa menggunakan cara menghapus aplikasi yang benar.

3. Hapus File Sampah yang Ada di File Manager.

Apa bedanya dengan cara yang pertaman tadi bang? cara menghapus cache di hp Samsung yang ketiga ada file sampah yang ada di dalam file manager dari semua kegiatan saat menggunakan aplikasi android.

Di file managerlah yang sering terjadi penumpukan cache, apabila tidak pernah menghapusnya kalian akan menggunakan penyimpanan untuk hal yang sia – sia. Disini saya contohkan menghapus file sampah yang ada di whatsapp.

Cara menghapus file sampah:

  1. Silahkan kalian buka file manager kalian.
  2. Cari folder whatsapp atau folder yang lain yang banyak sampahnya.
  3. Setelah ketemu, kalian klik dan cari file media.
  4. Cari file yang sudah tidak berguna, saya contohkan disini file audio, status sent.

4. Matikan HP atau Restart Ulang

Cara yang keempat bisa kalian gunakan apabila kalian sudah melakukan cara menghapus cache dari 1 – 3. Pentingnya untuk mematikan data atau mematikan hp Kalian tuh untuk melegakan kembali penyimpanan kalian.

Walaupun sudah dioptimalkan itu masih adalah sampah-sampah yang masih berserakan di HP kalian ya. Jadi saran saya apabila saat kalian tidur maka matikan hp kalian, agar aplikasi – aplikasi tidak berkerja terus, akibatnya file sampah akan kembali menumpuk.

Penutup.
Jadi bagi kalian yang mempunyai HP Samsung Galaxy J2 Prime itu alangkah bagusnya kalian itu mengikuti cara mengatasi memori cepat penuh yang saya bagikan dan rajin-rajin juga kalian tuh mengecek ya file – file yang banyak sampah. Mungkin itu yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.

1 comment for "Cara Mengatasi Samsung J2 Jrime Memori Internal Cepat Penuh"