Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A3s


Pengguna ponsel OPPO seri A3S pasti sering banget mencari cara mengatasi memori penuh di HP OPPO A3S. Memori internal cepat penuh penyebabnya adalah memori internal hampir habis. Efeknya adalah Kinerja telepon merosot tentu saja hala ini sangat mengganggu, padahal kita sudah melakukan pembersihan.

Penyebab memori internal hp OPPO A3S cepat penuh adalah seringnya kita menggunakan aplikasi dan terjadi penumpukan cache atau sampah pada system android yang tersimpan pada memori internal, hal tersebut akan membuat hp semakin mempercepat memori internal habis.

Hal lain yang membuat memori penuh di hp oppo a3s adalah pada saat penghapusan atau melakukan uninstall pada aplikas di layar home, mengapa? Karena pada saat menghapus aplikasi di layar home yang terhapus hanya icon dari apliksi tersebut, dan penyimpanan sistemnya masih tersimpan pada memori internal.

Aplikasi Whatsapp merupakan salah satu aplikasi penyumbang sampah yang cukup banyak. Tanpa kita sadari pada saat kita atau teman kita membuat status atau mengirim file, seperti foto, video, audio dan lainnya sebagainya, hal tersebut akan secara otomatis tersimpan dalam memori internal kita.

Cara menghapus cache atau sampah pada memori internal pada hp OPPO A3S adalah langkah agar kinerja hp oppo a3s atau seri oppo yang lain akan semakain lebih optimal lagi, dan merupakan cara menghilangkan notifikasi memori penuh di hp oppo a3s.

Cara mengatasi memori penuh di hp oppo a3s


1. Bersihkan Cache di Dalam Aplikasi

Dari penggunaan setiap hari dari sebuah aplikasi akan meghasilkan cache, cache itu akan menumpuk dan akan terus menumpuk apabila tidak di hapus. Apa itu cache? Cache adalah file – file sampah yang di hasilkan dari penggunaa setiap hari.

Efek dari file sampah atau cache akan menambah penggunaan memori internal kalian dan HP OPPO kalian akan cepat dapat notifikasi memori internal penuh, performa akan menurun dan agak lelet dalam penggunaan sehari – hari.

cara membersihkan cache


  1. Cara membersihkan cache yang pertama kalian buka pengaturan.
  2. Scroll dan cari manager aplikasi atau kelola aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang akan di clear cache.
  4. Saya contohkan clear cache pada chrome.
  5. Clik chrome pilih penyimpanan dan hapus cache.


2. Hapus Data Aplikasi

Selain cache yang ada di aplikasi, aplikasi tersebut juga menghasilkan data dari pengunaan yang terus berulang yang akan memakan pengunaan memori. Semisal dari sebuah apalikasi Chrome berkapasitas sebesar 40 MB, di tambah dengan browsing, download dan sebaginya sebesar 20 MB maka data Chore tersebut menjadi sebesar 60 MB, data tersebut akan terus bertambah seiring waktu.

Namun perlu di ingat, dari menghapus data aplikasi maka, akan menghapus semua data yang ada di dalam aplikasi tersebut, contohnya email dan password akan secara otomatis ter reset ulang, saran saya kalian harus mengingat emai dan password kalian, namun inilah cara menghapus cache tanpa menghapus aplikasi.

Cara Menghapus Data Aplikasi

Cara menghapus data aplikasi mirip dengan menghapus cache.

  1. Buka pengaturan di hp kalian.
  2. Gulir dan cari Aplikasi atau Manager Aplikasi.
  3. Kemudian pilih aplikasi yang akan kalian hapus data.
  4. Setelah kalian pilih apalikasinya, klik penyimpanan dan Hapus Data.


3. Hapus Aplikasi

Penyebab memori internal penuh bisa juga karena aplikasi yang terlalu banyak. Aplikasi yang terlalu banyak akan memakan memori dan juga RAM hp dan akan menambah cache pada penyimpanan kita.
Hapus aplikasi yang berukuran besar dan jarang di pakai, dan kalian juga bisa mononaktifkan aplikasi tersebut. Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di nonaktifkan secara manual, memang ada cara menonaktifkan aplikasi bawaan hp atau Bloatware bisa kalian praktekan.

Mas lalu bagimana cara menghapus aplikasi bawaan hp? Selain degan menonaktifkan aplikasi, ada juga aplikasi bawaan hp yang tidak bisa di hapus. Ada menghapusnya dengan hp yang root, namun cara menghapus aplikasi bawaan hp tanpa root bisa kalian baca.
Cara menghapus aplikasi bawaan hp ( Bloatware )
Untuk menghapus aplikasi saya sarankan dengan cara menghapus aplikasi sampai bersih, apabila tidak di hapus secara benar, aplikasi tersebut akan meninggalkan cache dan file sampah di penyimpanan hp.

cara menghapus aplikasi android sampai bersih


  1. Buka pengaturan di hp kalian.
  2. Scroll dan cari kelola aplikasi atau manager aplikasi.
  3. Tentukan aplikasi yang akan di hapus.
  4. Klik penyimpanan pada aplikasinya.
  5. Klik hapus data (melakukan hapus data akan otomatis akan menghapus cache).
  6. Kembali dan lakukan uninstall.


4. Menghapus file sampah di hp

File sampah memag akan terus ada selama penggunaan hp atau android, sadar atau tidak file tersebut akan terus menumpuk. Secara berkala file sampah di hp memang harus di hapus untuk menghindari memori internal cepat penuh.

Memang bukan problem utama terjadinya penyimpanan penuh pada android, namun file tersebut ikut turut serta dalam hal tersebut. Bayangkan saja kalau file sampah bisa menumpuk sampai ratusan MB. Sebelum hal tersebut terjadi maka kalian harus tau cara mengatasi penyimpanan penuh terutama di hp oppo.

Cara Menghapus File Sampah di HP.

Disi saya akan contohkan file sampah yang ada di Whatsapp, karena whatsapp lebih sering di gunakan.

  1. Buka file manager.
  2. Cari folder Whatsapp, dan klik.
  3. Hapus folder Shared, biasanya folder tersebut berisi status teme kita yang ada WA.
  4. Back ke folder Whatsapp.
  5. Cari folder Media, dan sortir satu – satu file tersebut dan hapus yang sudah tidak terpakai. Seperti folder status, animated gifs, audio, stiker dll.


5. Pindahkan foto ke kartu SD.

Para pecinta selfi atau foto, mungkin tidak terasa kalau foto yang terlalu banyak dan tersimpan di memori internal akan membuat memori internal cepat penuh. Mulai saat ini pindahkan peyimpanan foto ke SD Card.

Bukan hanya foto yang di pindahkan, video, musik dan data yang lain juga bisa sebagai alternative mengatasi memori penuh di Hp Oppo a3s dan seri Hp Oppo yang lain.

Cara Memindahkan foto ke kartu SD


  1. Siapkan kartu SD dan buka file manager.
  2. Pilih atau tandai foto yang ada di memori telepon.
  3. Foto yang sudah di tandai, kemudian klik pindah > pilih SD CARD



Dari sekian cara mengatasi memori penuh di hp oppo a3s, bisa kalian coba 2 atau tiga cara di atas, kalau masih belom manjur juga bisa kalian coba semua atau bisa KLIK DISINI. Semoga artikel ini dapat membantu permasalah di hp oppo kalian. Apabila masih ada yang kurang jelas bisa tanyakan di kolom komentar, siapa tau saya dapat menjawabnya.

3 comments for "Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A3s"

  1. sudah semua tapi masih penuh mungkin karena saya pernah main game pspp sehingga memorinya penuh bisa di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Coba hapus satu persatu cache semua aplikasi (tidak berpengaruh banyak tp lumayan membantu).

      2. Coba hapus data tidak penting di folder whatsapp (biasanya sangat banyak file yang sudah tidak digunakan masih tersimpan) mungkin seperti mantan😁

      3. Jika pernah download aplikasi di luar PlayStore kemudian di uninstall, coba cek apakah masih ada file mentahnya (jika masih ada hapus saja file tersebut).

      Delete
  2. Tp hp saya penuh terus, sudah saya lakukan semua cara anda tp tetep penuh, setelah sy cek di gugel files, ternyata sistemnya makan banyak memori. Gimana ya cara mengurangi penggunaan memori sistem, tolong di jawab yaaaa

    ReplyDelete