Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload Video ke Google Drive di Laptop dan HP

Cara upload video ke google drive 
Cara upload video ke google drive merupakan metode yang sering dipakai untuk keperluan membackup file bahkan untuk media utama menyimpan data online. Dengan upload video ke google drive, anda sudah memiliki file backup yang aman.

Seperti kita tahu google drive adalah layanan google untuk keperluan media penyimpanan file berbasis cloud atau online. Media ini sering dimanfaatkan untuk memasukan video ke google drive hanya dengan cara upload data, berkas, atau dokumen ke google drive.

Cara mengunggah video ke google drive cukup simpel, namun file video rata – rata merupakan data yang berukuran cukup besar yang menjadikan upload file ke google drive lama bahkan tidak bisa upload video di google drive. Hanya dengan trik sederhana yang toksipet bagikan cara upload file besar ke google drive seperti video semoga menjadi solusi masalah anda.

Sebelum melanjutkan ke triknya perlu diketahui, bahwa google menyediakan kapasitas penyimpanan google drive yang disediakan secara gratis sebesar 15 GB, maka jangan import file ke dalam Google Drive melebihi kapasitas.

Bagi sebagian orang penyimpanan google drive sebesar itu masih kurang, maka anda harus membeli penyimpanan google yang lebih besar. Atau bisa di siasati dengan membuat banyak akun google drive. Tentu dengan menambah kapsitas google drive cara upload banyak file ke google drive dan besar bukan suatu masalah.

Penasaran bagaimana bagaimana cara upload video ke google drive? Tutorial upload file ke google drive itu gratis dan mudah kok. Tenang saja, di artikel ini kami akan membahasnya secara lengkap. Yuk langsung simak saja!

Cara Upload Video ke Google Drive Secara Universal

Sebenarnya ada beberapa cara unggah video di google drive yang bisa anda lakukan baik melalui android atau laptop.

Metode yang pertama ini bisa anda lakukan di semua perangkat, hanya saja cara upload video di google drive yang pertama lebih condong dan mudah dilakukan di perangkat laptop atau pc.

Jika anda menggunakan cara yang ini namun perangkat anda andalah HP pastikan rubah dulu browser anda ke mode dekstop. Maka dari itu simak tutorial cara unggah video ke google drive berikut ini.

  1. Hal yang pertama anda lakukan adalah membuka browser yang biasa di pakai, diharapkan anda sudah login ke akun gmail yang akan di jadikan untuk menyimpan video ke google drive.
  2. Pastikan perangkat anda sudah terhubung dengan koneksi internet, disarankan gunakan internet yang stabil atau gunakan wifi.
  3. Ketikan di kolom pencarian dengan keyword google drive, atau buka link drive.google.com.
  4. Perhatikan menu di sidebar bagian kiri, ada opsi yang bertanda plus dengan nama baru, klik saja menu tersebut.
  5. Apabila video sudah di kelompokan ke dalam folder, maka cara upload folder ke google drive bisa klik upload folder, tapi saya sarankan pilih saja yang upload file.
  6. Cari file dan seleksi video yang akan di masukan ke google drive.
  7. Klik open untuk di pc dan klik pilih untuk di android, tunggu proses upload selesai.

NOTE:

  • Sangat disarankan untuk cara mengunggah video ke drive maka upload satu persatu, jika koneksi internet anda kurang stabil.
  • Maka pada opsi yang bertanda plus ( + ) atau baru, pilih yang upload file, hal ini untuk menghindari proses upload file yang lama atau bisa jadi gagal upload.
  • Salah satu penyebab upload google drive lama karena terlalu banyak file yang menumpuk dan berukuran besar yang harus di upload.

Cara Upload Video Ke Google Drive Melalui Hp

Agar lebih mudah sebenarnya cara upload video ke google drive melalui hp bisa langsung menggunakan aplikasi bawaan hp yaitu google drive.

Perlu diketahui jika android sudah terinstall aplikasi google drive, maka anda tidak perlu unggah video ke google drive menggunakan chrome atau browser lain. Karena setelah anda membuka situs google drive, anda akan langsung di alihkan ke aplikasi google drive.

Ada dua metode yang bisa anda pakai untuk mengirim video ke google drive tinggal sesuaikan saja mana yang di anggap lebih efisies. Berikut metode memasukan video ke google drive.

  1. Pastikan sudah terinstall software google drive kemudian buka.
  2. Tentukan akun google drive yang akan di jadikan akun penyimpanan video.
  3. Setelah terbuka, perhatikan icon plus ( + ), di versi terbaru icon tersebut berada di bawah sebelah kanan.
  4. Akan ada beberapa menu yang di suguhkan, anda klik saja yang upload.
  5. Cari file video tersebut dimana disimpan, klik saja video tersebut maka proses unggah video sedang berlangsung. Untuk mengunggah beberapa video, bisa tahan lama kemudian seleksi dan klik buka.

Cara Cepat Upload Video ke Google Drive

Menurut saya cara upload video di google drive android yang kedua ini lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan cara yang pertama.

Tapi semua kembali kepada anda mau menggunakan metode yang mana, disini saya hanya menyuguhkan saja. Disini kita tetap menggunakan software google drive hanya dengan trik yang berbeda. Berikut tipsnya agar lebih cepat mengunggah file di drive.

  1. Buka galeri atau file manager, cari file video tersebut, pilih salah satu atau bisa anda tandai beberapa.
  2. Setelah terseleksi, klik menu kirim. Pilih opsi kirim atau simpan ke drive.
  3. Beri judul video tersebut atau biarkan default, jika ada beberapa akun gmail pilih salah satu.
  4. Pada bagian folder, anda bisa membuat folder baru atau klik saja folder yang sudah ada dan klik pilih.
  5. Jika ingin membuat folder baru, klik icon folder bertanda plus kemudian beri nama folder tersebut.
  6. Apabila semua sudah ditentukan klik saja simpan, dan tunggu proses upload selesai. Anda bisa cek proses upload di bar notifikasi.

NOTE:

  • Sedikit catatan, jika anda menandai beberapa file biasanya proses upload jadi lama.
  • Jika tidak menggunakan wifi dan hanya menggunakan paket data, hal ini akan menjadikan penggunaan paket data menjadi boros.
  • Jika video pendek yang di upload maka tidak terlalu boros paket kuota.

Cara Upload Video di Google Drive Iphone

Sebenarnya tak jauh berdeda dengan menggunakan android, hanya saja iphone tidak terinstall software google drive.

Solusi mudahnya anda bisa download google drive appstore atau bisa menggunakan browser. Tapi sedikit ribet untuk masalah login jika menggunakan browser.

Saran dari saya memang lebih enak menggunakan aplikasi google drive. Download saja aplikasi tersebut, jika sudah terdownload simak cara upload video di google drive iphone berikut.

  1. Pastikan iphone anda sudah login ke akun gmail.
  2. Cari file video di galeri ataupun di storage kemudian tandai atau seleksi, anda bisa menseleksi beberapa video juga.
  3. Lalu klik edit atau kirim, jika tidak ada menu google drive klik menu more cari opsi drive.
  4. Pilih akun gmail.
  5. Klik select folder, tentukan folder untuk file video tersebut akan di simpan.
  6. Klik upload, dan tunggu proses upload kelar.

Cara Upload Video Ke Google Drive Dari Laptop

Apabila anda paham dengan metode yang pertama saya bahas, maka cara upload google drive di laptop bukan menjadi suatu masalah dan akan sangat mudah dilakukan.

Jika belum paham karena saya membahas intinya saja, untuk itu saya bahas lebih rinci dan detail cara upload video ke google drive di laptop dan berikut pembahasannya.

  1. Gunakanlah koneksi internet yang stabil, buka google chrome atau jenis browser yang lain.
  2. Buka situs google drive berikut, drive.google.com pastekan di kolom pencarian browser
  3. Perhatikan akun google drive di pojok kanan atas, pastikan akun tersebut adalah akun yang akan di jadikan media penyimpanan online.
  4. Beralih ke menu sidebar bagian kiri, ada opsi bernama baru, pilih saja menu upload file tersebut.
  5. Cari dimana anda menyimpan video tersebut. Klik file tersebut dan pilih open.
  6. Maka proses upload ke google drive dari pc sedang berlangsung, jadi tunggu saja.

Cara Upload Video Ke Google Drive Melalui Link

Pernahkan anda mendapatkan suatu link yang mengarah ke google drive? Biasanya link tersebut merupakan link download google drive yang di bagikan seseorang melalui share link.

Tak jarang link tersebut tidak bisa download di google drive karena terkena limit, limit disini biasanya karena terlalu banyak orang yang mengakses link tersebut. Dengan metode ini anda juga dapat mengatasi masalah limit google drive. Untuk itu simak cara upload video ke google drive melalui link berikut ini.
  1. Pertama silahkan ambil atau salin link sudah anda dapatkan, pastikan link tersebut dapat di akses oleh semua orang bukan link yang di batasi.
  2. Buka browser yang sudah login dengan akun gmail, dan pastekan atau tempel di kolom pencarian.
  3. Setelah terbuka, perhatikan logo google drive yang bertanda plus ( + ) kemudian klik.
  4. Pastikan anda menseleksi di drive saya lalu klik tambahkan pintasan.
  5. Logo tersebut akan berubah menjadi icon folder. Klik logo tersebut dan pilih drive saya.
  6. Anda akan di alihkan ke google drive anda, lihat atau cari file tersebut, dan cara memasukan foto dan video ke google drive sudah berhasil.
NOTE:
  • Link yang di batasi biasanya saat anda mengakses link tersebut, anda harus meminta akses kepada pembagi link.
  • Sampai pemilik link menyetujui baru anda dapat mengakses link tersebut.
  • Rubah ke mode dekstop jika menggunakan android.

Cara Upload Video ke Google Drive Tanpa Wifi

Pertanyaan ini sering terjadi pada pengguna smartphone atau android, mungkin karena beberapa faktor yang mengharuskan anda unggah video di google drive menggunakan wifi.

Pertama untuk mengurangi resiko gagalnya upload di google drive, kedua mengurangi penggunaan paket kuota berlebih, ketiga mempercepat proses upload file di google drive dan masih banyak lagi. Disini saya tidak membahasnya lebih rinci, karena saya akan membagikan point pentingnya saja. Dimana point penting ini jika anda paham maka sudah akan membantu mengatasi masalah anda.

Berikut tips dan triknya cara upload video ke google drive tanpa wifi.

  1. Ubah pengaturan upload di google drive.
  2. Pilih opsi upload menggunakan paket data.
  3. Lihat di bar notifikasi, jika terdapat notifikasi menunggu wifi untuk upload tinggal klik melanjutkan upload google drive.

Jika masih bingung dan kurang paham baca ini Cara Upload Video ke Google Drive Tanpa Wifi

Manfaat dan Kelebihan Upload Video di Google Drive

Manfaat google drive bisa dirasakan oleh semua kalangan baik yang sudah expert atau yang berkebutuhan lebih dan untuk yang hanya berkebutuhan standart saja.

Bagi pelaku bisnis baik kecil maupun besar, pelajar, dan orang biasanya dapat menikmati layanan ini secara gratis ataupun yang berbayar.

Yang berbayar biasanya sesorang hanya membeli storage penyimpanan google drive yang lebih besar. 

Lalu penyimpanan google berapa? Untuk yang gratis google drive menyediakan 15 GB, untuk yang berbayar anda bisa memilih beberapa varian, mulai dari 100 GB, 200 GB dan 2 TB.

Pembahasan singkat fungsi dan manfaat yang bisa anda dapatkan.

  1. Google drive adalah layanan google untuk menyimpan dan membackup data file secara gratis.
  2. Kuota penyimpanan yang cukup besar untuk yang gratis.
  3. Dapat di upgrade ke penyimpanan yang lebih besar.
  4. Dapat di akses di berbagai perangkat hanya dengan login ke akun gmail di perangkat tersebut.
  5. Ada banyak jenis file yang bisa disimpan di google drive, mulai dari produk microsoft, aplikasi atau apk, foto, video, musik dan yang lainnya.
  6. Merupakan media penyimpanan yang aman dan bebas dari kerusakan.

Penutup

Bagaimana cara upload video ke google drive tidak susah bukan, jika masih kesusahan cara memasukan video di google drive bisa baca artikel terkaitnya, atau juga bisa komen.

Sebagai penutup semoga cara upload video di google drive dapat membantu dan bermanfaat, jangan lupa perhatikan setiap note yang saya kasih.

Post a Comment for " Cara Upload Video ke Google Drive di Laptop dan HP"