Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Extract File Zip di Android

cara ekstrak file zip di android
Cara ekstrak file zip di android saat ini memang lebih mudah di bandingkan cara extract file zip di android pada jaman dulu. Pada waktu dulu untuk cara extract file zip cukup ribet, kita harus menggunakan komputer atau PC.

Namun dengan kemajuan teknologi, cara mengekstrak file zip sekarang lebih gampang dan simpel yaitu hanya dengan pakai android. Jadi kalian tak perlu jauh – jauh minjem komputer hanya untuk mengekstrak file, beda cerita dengan yang punya laptop yah.

Pengguna android yang mungkin sering mengunduh file gajah seperti, film, dokumen, software dan yang lainnya mungkin akan menemukan file yang berformat zip. Namun tidak memungkinkan pula file yang berukuran tidak terlalu besar berformat zip.

Format zip merupakan format yang sangat identik bagi pengguna komputer atau PC. Karena format zip akan lebih mudah untuk dibagikan, khususnya file berukuran besar, maka akan dikompresi kemudian akan mengekstrak file di android maupun di pc.

Ada beberapa format file yang mungkin akan kalian temukan selain file berformat zip, ada juga RAR dan 7Z.

Cara mengekstrak file zip tidak akan menjadi kendala di komputer, namun cara mengekstrak file zip di hp mungkin akan sedikit ribet, jika file manager android tersebut belum support mengektrak file zip.

Cara Mengekstrak / Extract File Zip di Android

Untuk file manager android kalian yang sudah support untuk mengekstrak file zip maka cara mengekstrak file di android tanpa aplikasi bisa ikuti cara yang pertama ini.

Selain untuk ekstrak file, cara ini juga untuk memastikan file manager kalian sudah support atau belum untuk ekstrak file di android.

  1. Buka aplikasi file manager di android kalian.
  2. Carai file zip yang akan di ekstrak.
  3. Tekan atau klik lama pada file zip tersebut, sampai terceklik atau tertandai.
  4. Lalu klik titik tiga di pojok kanan atas.
  5. Klik menu ekstrak, kasih nama folder ekstrak tersebut. Saya sarankan jangan pilih ekstrak ke folder saat ini, karena isi dari file tersebut akan terpisah di beberapa folder.

Note:

Jika saat mengekstrak kalian pilih menu ekstrak maka, ekstrak file part agar menjadi 1 folder.

Ada memang beberapa hp android file managernya tidak support untuk ekstrak file zip secara langsung. Maka solusinya kalian harus menggunakan bantuan pihak ketiga yang berupa apliksi atau software.

Pasti akan bingung lagi, karena ada banyak aplikasi untuk mengekstrak file zip. Disini saya contohkan aplikasi yang umum digunakan dan mudah di operasikan, yaitu dengan cara mengekstrak file menggunakan zarchiver.

Cara Mengekstrak File Menggunakan Zarchiver

Mungkin bagi sebagian orang sering mendengar aplikasi zarchiver, namun masih bingung kegunaan dan bagaimana cara mengekstrak file zip di zarchiver.

Aplikasi ini di pakai biasanya untuk android yang belum bisa mengekstrak file secara langsung di file manager bawaan, aplikasi ini juga mengekstrak file yang berformat selain zip. Lastas cara mengekstrak file menggunakan zarchiver bagiaman?

  1. Download aplikasi zarchiver di google play store.
  2. Buka aplikasi zarchive dan izinkan untuk membaca penyimpanan.
  3. Carai folder yang berformat zip.
  4. Klik file tersebut, maka akan muncul pop up.
  5. Pilih menu ekstrak. Mau ekstrak langsung atau ekstrak ke folder.

Note:

Cara membuka file zip di android juga bisa dilakukan dengan aplikasi zarchiver tersebut.

Memang aplikasi yang paling umum digunakan untuk cara ekstrak file zip di anroid adalah zarchiver. Masih ada banyak aplikasi untuk mengekstrak file yang berformat zip, rar dan laiinya. Sekalian saja saya bagikan aplikasi untuk mengekstrak file di android.

Aplikasi Ekstrak File.

  1. Files by google.
  2. Zarchiver
  3. File manager
  4. RAR.
  5. Solid Eksplorer.
  6. AndroZIP.

Sesuaikan mana yang lebih mudah kalian gunakan untuk ekstrak file zip di android, rata – rata ukuran aplikasi ekstrak file tidak terlalu besar ko.

Ekstrak File Zip Online

Ekstrak file zip online sebagai alternative lain yang tidak mau download aplikasi ekstrak file. Banyak penyedia jasa ekstrak file zip online yang bertebaran di internet.

Untuk cara ekstrak file zip online, tinggal ketikan saja di pencarian ekstrak file zip online. Pilih salah satu website, dan upload file zip tersebut dari android kalian. Tunggu sampai proses ekstrak selesai, dan download file sudah terekstrak tersebut.

PENTUP

Cara extract file zip di android cukup mudah dan pastikan saat mengekstrak memori kalian cukup ya. Karena file zip merupakan hasil dari kompresi sebuah file yang berukuran besar dan di rubah menjadi lebih kecil, namun tidak merubah ukuran asli dari sebuah file.

Post a Comment for "Cara Extract File Zip di Android"